Aplikasi PCK Pada Materi Zat Aditif dan Zat adiktif Kelas VIII SMP/MTs (Strategi Pembeljaran IPA)

 Aplikasi PCK pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP/MTs oleh: Dimas Ulinnuha (1810710070)



Kompetensi Dasar (KD)

1.6 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.6 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3.6  Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan.

4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan.

Indikator Penyampaian Kompetensi

Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II, peserta didik mampu :

3.6.1 Menyebutkan contoh bahan aditif pada makan dan minuman

3.6.1.1 Menyebutkan contoh bahan aditif pada makan dan minuman rasa percaya diri

3.6.2 Menjelaskan fungsi penggunaan bahan aditif dalam makan dan minuman

3.6.2.1 Menjelaskan fungsi penggunaan bahan aditif dalam makan dan minuman dengan rasa ingin tau

3.6.3 Memberi solusi pengganti bahan aditif

3.6.3.1 Memberi solusi pengganti bahan aditif dengan rasa percaya diri

3.6.4 Menganalisis macam dan efek penggunaan bahan adiktif bagi kesehatan

3.6.4.1 Menganalisis macam dan efek penggunaan bahan adiktif bagi kesehatan dengan rasa percaya diri

3.6.5 Menjelaskan pengaruh bahan adiktif terhadap kesehatan

3.6.5.1 Menjelaskan pengaruh bahan adiktif terhadap kesehatan dengan rasa ingin tahu

4.6.1 Membuat poster tentang dampak penggunaan zat aditif dan/atau penyalahgunaan zat adiktif bagi kesehatan serta usul cara mengatasinya.

4.6.1.1Menciptakan sebuah poster tentang dampak penggunaan zat aditif dan/atau penyalahgunaan zat adiktif bagi kesehatan serta usul cara mengatasinya.


Materi Pembelajaran

1.       Ada berbagai macam bahan aditif yang biasa ditambahkan pada makanan. Ada yang dibuat secara alami maupun sintetik. Macam bahan aditif antara lain adalah sebagai berikut.

a.       Bahan pewarna

Bahan pewarna adalah bahan aditif yang berfungsi meningkatkan kualitas kenampakan bahan makanan. Bahan pewarna dapat berupa pewarna alami dan buatan.

b.      Pemanis

Bahan pemanis yang alami dan biasa dipakai pada makanan dan minuman adalah gula pasir, gula aren, gula kelapa, gula lontar, atau gula bit. Rasa manis dapat muncul karena bahan-bahan tersebut mengandung sukrosa. Pemanis buatan yang dapat dipakai pada bahan makanan dalam batas-batas tertentu antara lain aspartam, sakarin, kalium asesulfam, dan siklamat. Pemanis buatan memiliki tingkat kemanisan yang melebihi sukrosa beberapa kali lipat.Bahan pemanis dapat berupa pemanis alami dan buatan: Pemanis alami yang biasa dipakai adalah gula sedangkan pemanis buatan biasa dikonsumsi oleh orang yang menderita sakit kencing manis.

c.       Pengawet

Pengawet adalah bahan yang ditambahkan untuk memperpanjang masa simpan produk makanan dan minuman. Pengawetan secara alami dapat berupa pemanasan, pengasapan, pengeringan, dan pembekuan. Pengawetan secara kimiawi dapat dilakukan dengan penambahan beberapa macam bahan kimia. Bahan kimia yang boleh ditambahkan pada makanan antara lain asam benzoat, kalsium benzoat, asam propionat, dan kalsium propionat.

d.      Penyedap makanan.

Penyedap makanan dipakai untuk meningkatkan rasa dan aroma. Penyedap rasa adalah bahan tambahan makanan yang dipakai untuk meningkatkan cita rasa makanan. Penyedap rasa ada yang diperoleh dari bahan alami maupun sintetik.

2.       Bahan Adiktif

Bahan adiktif adalah bahan yang dapat mengakibatkan penggunanya mengalami kecanduan. Bahan adiktif dibagi menjadi tiga kelompok, yakni bahan adiktif bukan narkotika dan psikotropika, bahan adiktif narkotika, dan bahan adiktif psikotropika.

a.       Bahan Adiktif Bukan Narkotika dan Psikotropika

Bahan yang termasuk bahan adiktif bukan narkotika dan psikotropika misalnya adalah theine, kafein dan nikotin. Theine ada pada produk teh, kafein pada kopi, dan nikotin ada pada rokok. Meskipun bahan adiktif dalam kopi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan, tetapi kopi memiliki manfaat dalam beberapa terapi kesehatan. Kopi dapat dipakai untuk mencegah penyakit parkinson, kanker usus,  kanker lambung, dan kanker paru-paru. Bahan ketiga yakni nikotin ternyata dapat memberikan dampak buruk yang cukup besar. Merokok berdampak merugikan organ-organ tubuh, baik organ luar maupun dalam. Pengaruh rokok pada organ luar kita dapat berupa perubahan warna gigi dan kulit, sedangkan pengaruh pada organ dalam dapat memicu adanya kanker paru-paru.

b.      Narkotika

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan tertentu.

c.       Psikotropika

Psikotropika merupakan zat atau obat, alamiah/ sintetis  bukan  narkotika, yang berkhasiat psikoaktif, berpengaruh selektif pada saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku seseorang. Zat psikotropika dapat menurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan  saraf  pusat dan menimbulkan kelainan perilaku, disertai halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan alam perasaan.

d.      Penyalahagunaan narkoba memiliki dampak fsik dan psikis.

1.)    Dampak penyalahgunaan narkoba pada keadaan fsik Penyalahgunaan narkoba dapat berakibat pada beberapa hal berikut.

a.       Gangguan sistem saraf yang berupa kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi.

b.      Gangguan jantung dan pembuluh  darah berupa: infeksi otot jantung, gangguan peredaran darah.

c.       Gangguan kulit berupa.penanahan  (abses), eksim, dan alergi.

d.      Gangguan paru-paru berupa: penekanan fungsi pernapasan, kesulitan bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.

e.       Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian.

2)  Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap psikis

Pengguna narkoba dapat memiliki ciri psikis berupa lamban dan ceroboh dalam bekerja, sering merasa tegang dan gelisah, hilang kepercayaan diri, apatis, gemar mengkhayal, penuh curiga, agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal, sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri.

MODE PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran               : Kooperatif Tipe Jigsaw II

Pendekatan Pembelajaran       : Saintifik

Strategi Pembelajaran              : Kooperatif

Metode Pembelajaran             : Pengamatan dan Diskusi


MEDIA/ALAT DAN BAHAN

Media :

·         Laptop

·         Powerpoint

      Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)

      Lembar Topik

Bahan :

·         ATK

·         Buku

SUMBER BELAJAR

·         Buku materi:

Zubaidah, S., dkk. 2017. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/ MTs Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

·         LKS

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Sintaks Kooperatif Tipe Jigsaw II

Kegiatan Pembelajaran

Membaca

·         Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca beberapa bab dan unit pada buku materi LKS

·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4 orang.

Mengamati

·         Guru memberikan 4 topik pada lembar ahli, kepada setiap peserta didik.agar peserta didik dapat mengamati 4 topik yaitu bahan pewarna, pengawet, pemanis, dan penyedap makanan. Dengan tujuan mengidentifikasi 4 topik tersebut dengan zat aditif.

Diskusi kelompok

·         Peserta didik mendiskusikan bersama-sama dengan topik ahli yang sama.

Menanya

·         Peserta didik membuat pertanyaan untuk dijawab berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan bersama kelompok ahlinya.

Mengeksplorasi atau mengumpulkan informasi

·         Peserta didik membuat jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat dengan melakukan diskusi kelompok ahli ataupun melakukan penyelidikan melalui panduan LKS, buku materi maupun berbagai sumber lainnya

Menalar atau mengasosiasi

·         Peserta didik menganalisis pada masing-masing topic yang telah disajikan guru.

·         Peserta didik mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yang sudah didiskusikan

·         Peserta didik menulis jawaban yang sudah didapatkan di buku tulis

Laporan Tim

Mengkomunikasikan

·         Peserta didik setiap ahli mempresentasikan hasil diskusi pengamatan 4 topik tersebut. Kepada teman kelompoknya.

Tes

·         Guru memberikan sebuah kuis kepada peserta didik

·         Peserta didik mengerjakan kuis dan diperiksa sendiri atau oleh kelompok lain.

 

Rekognisi Tim

·         Guru memberikan skor berdasarkan skor kemajuan dengan menghitung skor individual daan tim

·         Guru memberikan penghargaan kepada pesta didik yang memenuhi kriteria penskoran.

 

Pertemuan Kedua

Sintaks Kooperatif Tipe Jigsaw II

Kegiatan Pembelajaran

Membaca

·         Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca beberapa bab dan unit pada buku materi LKS

·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4 orang.

Mengamati

·         Guru memberikan 3 topik pada lembar ahli, kepada setiap peserta didik.agar peserta didik dapat mengamati 3 topik yaitu Bahan Adiktif Bukan Narkotika dan Psikotropika, narkotika, dan psikotropika. Dengan tujuan mengidentifikasi 3 topik tersebut dengan zat adiktif

Diskusi kelompok

·         Peserta didik mendiskusikan bersama-sama dengan topik ahli yang sama.

Menanya

·         Peserta didik membuat pertanyaan untuk dijawab berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan bersama kelompok ahlinya.

Mengeksplorasi atau mengumpulkan informasi

·         Peserta didik membuat jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat dengan melakukan diskusi kelompok ahli ataupun melakukan penyelidikan melalui panduan LKS, buku materi maupun berbagai sumber lainnya

Menalar atau mengasosiasi

·         Peserta didik menganalisis pada masing-masing topic yang telah disajikan guru.

·         Peserta didik mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yang sudah didiskusikan

·         Peserta didik menulis jawaban yang sudah didapatkan di buku tulis

Laporan Tim

Mengkomunikasikan

·         Peserta didik setiap ahli mempresentasikan hasil diskusi pengamatan 3 topik tersebut. Kepada teman kelompoknya.

Tes

·         Guru memberikan sebuah kuis kepada peserta didik

·         Peserta didik mengerjakan kuis dan diperiksa sendiri atau oleh kelompok lain.

Rekognisi Tim

·         Guru memberikan skor berdasarkan skor kemajuan dengan menghitung skor individual daan tim

·         Guru memberikan penghargaan kepada pesta didik yang memenuhi kriteria penskoran.

 

Pertemuan Ketiga

Sintaks Kooperatif Tipe Jigsaw II

Kegiatan Pembelajaran

Membaca

·         Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca beberapa bab dan unit pada buku materi LKS

·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4 orang.

Mengamati

·         Guru memberikan sebuah poster denngan topik penyalahgunaan penyalahgunaan zat adiktif, peserta didik dapat menjelaskan dampak penggunaan zat adiktif bagi kesehatan dengan benar.

Diskusi kelompok

·         Peserta didik mendiskusikan bersama-sama dengan masing-masing kelompoknya.

Menanya

·         Peserta didik membuat pertanyaan untuk dijawab berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan bersama kelompoknya.

Mengeksplorasi atau mengumpulkan informasi

·         Peserta didik membuat jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat dengan melakukan diskusi kelompok ahli ataupun melakukan penyelidikan melalui panduan LKS, buku materi maupun berbagai sumber lainnya

Menalar atau mengasosiasi

·         Peserta didik menganalisis pada topik yang telah disajikan guru.

·         Peserta didik mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yang sudah didiskusikan

·         Peserta didik menulis jawaban yang sudah didapatkan di buku tulis

Laporan Tim

Mengkomunikasikan

·         Peserta didik setiap ahli mempresentasikan hasil diskusi pengamatan topik tersebut. Kepada teman kelompoknya.

 

Tes

Mencoba

·         Guru memberikan sebuah tugas yaitu membuat poster (pamflate)  tentang dampak penggunaan zat aditif dan penyalahgunaan zat adiktif bagi kesehatan serta usul cara mengatasinya berdasarkan penulusuran berbagai sumber

Rekognisi Tim

·         Guru memberikan skor berdasarkan skor kemajuan dengan menghitung skor individual dan tim

·         Guru memberikan penghargaan kepada pesta didik yang memenuhi kriteria penskoran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN IKLIM KELAS VII SMP / MTs SEMESTER GENAP