Aplikasi PCK Pada Materi Zat Aditif dan Zat adiktif Kelas VIII SMP/MTs (Strategi Pembeljaran IPA)
Aplikasi PCK pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP/MTs oleh: Dimas Ulinnuha (1810710070)
Kompetensi Dasar (KD)
1.6 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.6 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan.
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan.
Indikator Penyampaian Kompetensi |
Tujuan Pembelajaran Melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw II, peserta didik mampu : |
3.6.1 Menyebutkan contoh bahan aditif pada makan dan
minuman |
3.6.1.1 Menyebutkan contoh bahan aditif pada makan
dan minuman rasa percaya diri |
3.6.2 Menjelaskan fungsi penggunaan
bahan aditif dalam makan dan minuman |
3.6.2.1 Menjelaskan fungsi penggunaan
bahan aditif dalam makan dan minuman dengan rasa ingin tau |
3.6.3 Memberi solusi pengganti bahan aditif |
3.6.3.1 Memberi solusi pengganti bahan aditif dengan
rasa percaya diri |
3.6.4 Menganalisis macam dan efek
penggunaan bahan adiktif bagi kesehatan |
3.6.4.1 Menganalisis macam dan efek
penggunaan bahan adiktif bagi kesehatan dengan rasa percaya diri |
3.6.5 Menjelaskan pengaruh bahan adiktif terhadap kesehatan |
3.6.5.1 Menjelaskan pengaruh bahan adiktif terhadap
kesehatan dengan rasa ingin tahu |
4.6.1 Membuat poster tentang dampak
penggunaan zat aditif dan/atau penyalahgunaan zat adiktif bagi kesehatan serta
usul cara mengatasinya. |
4.6.1.1Menciptakan sebuah poster tentang
dampak penggunaan zat aditif dan/atau penyalahgunaan zat adiktif bagi kesehatan
serta usul cara mengatasinya. |
Materi Pembelajaran
1. Ada berbagai macam bahan aditif yang biasa ditambahkan pada
makanan. Ada yang dibuat secara alami maupun sintetik. Macam bahan aditif
antara lain adalah sebagai berikut.
a.
Bahan
pewarna
Bahan
pewarna adalah bahan aditif yang berfungsi meningkatkan kualitas kenampakan
bahan makanan. Bahan pewarna dapat berupa pewarna alami dan buatan.
b.
Pemanis
Bahan
pemanis yang alami dan biasa dipakai pada makanan dan minuman adalah gula
pasir, gula aren, gula kelapa, gula lontar, atau gula bit. Rasa manis dapat
muncul karena bahan-bahan tersebut mengandung sukrosa. Pemanis buatan yang
dapat dipakai pada bahan makanan dalam batas-batas tertentu antara lain
aspartam, sakarin, kalium asesulfam, dan siklamat. Pemanis buatan memiliki
tingkat kemanisan yang melebihi sukrosa beberapa kali lipat.Bahan pemanis dapat
berupa pemanis alami dan buatan: Pemanis alami yang biasa dipakai adalah gula
sedangkan pemanis buatan biasa dikonsumsi oleh orang yang menderita sakit
kencing manis.
c.
Pengawet
Pengawet
adalah bahan yang ditambahkan untuk memperpanjang masa simpan produk makanan
dan minuman. Pengawetan secara alami dapat berupa pemanasan, pengasapan,
pengeringan, dan pembekuan. Pengawetan secara kimiawi dapat dilakukan dengan
penambahan beberapa macam bahan kimia. Bahan kimia yang boleh ditambahkan pada
makanan antara lain asam benzoat, kalsium benzoat, asam propionat, dan kalsium
propionat.
d.
Penyedap
makanan.
Penyedap
makanan dipakai untuk meningkatkan rasa dan aroma. Penyedap rasa adalah bahan
tambahan makanan yang dipakai untuk meningkatkan cita rasa makanan. Penyedap
rasa ada yang diperoleh dari bahan alami maupun sintetik.
2. Bahan Adiktif
Bahan adiktif adalah bahan yang dapat mengakibatkan penggunanya
mengalami kecanduan. Bahan adiktif dibagi menjadi tiga kelompok, yakni bahan
adiktif bukan narkotika dan psikotropika, bahan adiktif narkotika, dan bahan
adiktif psikotropika.
a.
Bahan
Adiktif Bukan Narkotika dan Psikotropika
Bahan
yang termasuk bahan adiktif bukan narkotika dan psikotropika misalnya adalah
theine, kafein dan nikotin. Theine ada pada produk teh, kafein pada kopi, dan
nikotin ada pada rokok. Meskipun bahan adiktif dalam kopi tidak dianjurkan
untuk dikonsumsi secara berlebihan, tetapi kopi memiliki manfaat dalam beberapa
terapi kesehatan. Kopi dapat dipakai untuk mencegah penyakit parkinson, kanker
usus, kanker lambung, dan kanker
paru-paru. Bahan ketiga yakni nikotin ternyata dapat memberikan dampak buruk
yang cukup besar. Merokok berdampak merugikan organ-organ tubuh, baik organ
luar maupun dalam. Pengaruh rokok pada organ luar kita dapat berupa perubahan
warna gigi dan kulit, sedangkan pengaruh pada organ dalam dapat memicu adanya
kanker paru-paru.
b.
Narkotika
Narkotika
adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik
sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan
kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan
dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan
tertentu.
c.
Psikotropika
Psikotropika merupakan zat atau obat, alamiah/ sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif, berpengaruh selektif pada saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku seseorang. Zat psikotropika dapat menurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan saraf pusat dan menimbulkan kelainan perilaku, disertai halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan alam perasaan.
d.
Penyalahagunaan
narkoba memiliki dampak fsik dan psikis.
1.)
Dampak
penyalahgunaan narkoba pada keadaan fsik Penyalahgunaan narkoba dapat berakibat
pada beberapa hal berikut.
a.
Gangguan
sistem saraf yang berupa kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan
syaraf tepi.
b.
Gangguan
jantung dan pembuluh darah berupa:
infeksi otot jantung, gangguan peredaran darah.
c.
Gangguan
kulit berupa.penanahan (abses), eksim,
dan alergi.
d.
Gangguan
paru-paru berupa: penekanan fungsi pernapasan, kesulitan bernafas, pengerasan
jaringan paru-paru.
e.
Penyalahgunaan
narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba
melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan
kematian.
2) Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap psikis
Pengguna narkoba dapat memiliki ciri psikis berupa lamban dan
ceroboh dalam bekerja, sering merasa tegang dan gelisah, hilang kepercayaan
diri, apatis, gemar mengkhayal, penuh curiga, agitatif, menjadi ganas dan
tingkah laku yang brutal, sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, cenderung
menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri.
MODE PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran :
Kooperatif Tipe Jigsaw II
Pendekatan Pembelajaran :
Saintifik
Strategi Pembelajaran : Kooperatif
Metode Pembelajaran : Pengamatan dan Diskusi
MEDIA/ALAT DAN BAHAN
Media :
·
Laptop
· Powerpoint
Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)
Lembar Topik
Bahan :
·
ATK
·
Buku
SUMBER BELAJAR
·
Buku
materi:
Zubaidah, S., dkk. 2017. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam untuk
SMP/ MTs Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan
Nasional.
·
LKS
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Sintaks Kooperatif
Tipe Jigsaw II |
Kegiatan
Pembelajaran |
Membaca |
·
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca beberapa bab dan unit
pada buku materi LKS ·
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4
orang. Mengamati ·
Guru
memberikan 4 topik pada lembar ahli, kepada setiap peserta didik.agar peserta
didik dapat mengamati 4 topik yaitu bahan pewarna, pengawet, pemanis, dan
penyedap makanan. Dengan tujuan mengidentifikasi 4 topik tersebut dengan zat
aditif. |
Diskusi
kelompok |
·
Peserta
didik mendiskusikan bersama-sama dengan topik ahli yang sama. Menanya ·
Peserta
didik membuat pertanyaan untuk dijawab berdasarkan pengamatan yang sudah
dilakukan bersama kelompok ahlinya. Mengeksplorasi
atau mengumpulkan informasi ·
Peserta
didik membuat jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat dengan melakukan
diskusi kelompok ahli ataupun melakukan penyelidikan melalui panduan LKS,
buku materi maupun berbagai sumber lainnya Menalar atau
mengasosiasi ·
Peserta
didik menganalisis pada masing-masing topic yang telah disajikan guru. ·
Peserta
didik mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yang sudah didiskusikan ·
Peserta
didik menulis jawaban yang sudah didapatkan di buku tulis |
Laporan Tim |
Mengkomunikasikan ·
Peserta
didik setiap ahli mempresentasikan hasil diskusi pengamatan 4 topik tersebut.
Kepada teman kelompoknya. |
Tes |
·
Guru
memberikan sebuah kuis kepada peserta didik ·
Peserta
didik mengerjakan kuis dan diperiksa sendiri atau oleh kelompok lain.
|
Rekognisi Tim
|
·
Guru
memberikan skor berdasarkan skor kemajuan dengan menghitung skor individual
daan tim ·
Guru
memberikan penghargaan kepada pesta didik yang memenuhi kriteria penskoran. |
Pertemuan Kedua
Sintaks
Kooperatif Tipe Jigsaw II |
Kegiatan
Pembelajaran |
Membaca |
·
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca beberapa bab dan unit
pada buku materi LKS ·
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4
orang. Mengamati ·
Guru
memberikan 3 topik pada lembar ahli, kepada setiap peserta didik.agar peserta
didik dapat mengamati 3 topik yaitu Bahan Adiktif Bukan Narkotika dan
Psikotropika, narkotika, dan psikotropika. Dengan tujuan mengidentifikasi 3
topik tersebut dengan zat adiktif |
Diskusi
kelompok |
·
Peserta
didik mendiskusikan bersama-sama dengan topik ahli yang sama. Menanya ·
Peserta
didik membuat pertanyaan untuk dijawab berdasarkan pengamatan yang sudah
dilakukan bersama kelompok ahlinya. Mengeksplorasi
atau mengumpulkan informasi ·
Peserta
didik membuat jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat dengan melakukan
diskusi kelompok ahli ataupun melakukan penyelidikan melalui panduan LKS, buku
materi maupun berbagai sumber lainnya Menalar atau
mengasosiasi ·
Peserta
didik menganalisis pada masing-masing topic yang telah disajikan guru. ·
Peserta
didik mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yang sudah didiskusikan ·
Peserta
didik menulis jawaban yang sudah didapatkan di buku tulis |
Laporan Tim |
Mengkomunikasikan ·
Peserta
didik setiap ahli mempresentasikan hasil diskusi pengamatan 3 topik tersebut.
Kepada teman kelompoknya. |
Tes |
·
Guru
memberikan sebuah kuis kepada peserta didik ·
Peserta
didik mengerjakan kuis dan diperiksa sendiri atau oleh kelompok lain. |
Rekognisi Tim
|
·
Guru
memberikan skor berdasarkan skor kemajuan dengan menghitung skor individual
daan tim ·
Guru
memberikan penghargaan kepada pesta didik yang memenuhi kriteria penskoran. |
Pertemuan Ketiga
Sintaks
Kooperatif Tipe Jigsaw II |
Kegiatan
Pembelajaran |
Membaca |
·
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca beberapa bab dan unit
pada buku materi LKS ·
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 4
orang. Mengamati ·
Guru
memberikan sebuah poster denngan topik penyalahgunaan penyalahgunaan zat
adiktif, peserta didik dapat menjelaskan dampak penggunaan zat adiktif bagi
kesehatan dengan benar. |
Diskusi
kelompok |
·
Peserta
didik mendiskusikan bersama-sama dengan masing-masing kelompoknya. Menanya ·
Peserta
didik membuat pertanyaan untuk dijawab berdasarkan pengamatan yang sudah
dilakukan bersama kelompoknya. Mengeksplorasi
atau mengumpulkan informasi ·
Peserta
didik membuat jawaban dari pertanyaan yang sudah dibuat dengan melakukan
diskusi kelompok ahli ataupun melakukan penyelidikan melalui panduan LKS,
buku materi maupun berbagai sumber lainnya Menalar atau
mengasosiasi ·
Peserta
didik menganalisis pada topik yang telah disajikan guru. ·
Peserta
didik mengumpulkan jawaban atas pertanyaan yang sudah didiskusikan ·
Peserta
didik menulis jawaban yang sudah didapatkan di buku tulis |
Laporan Tim |
Mengkomunikasikan ·
Peserta
didik setiap ahli mempresentasikan hasil diskusi pengamatan topik tersebut.
Kepada teman kelompoknya.
|
Tes |
Mencoba ·
Guru
memberikan sebuah tugas yaitu membuat poster (pamflate) tentang dampak penggunaan zat aditif dan
penyalahgunaan zat adiktif bagi kesehatan serta usul cara mengatasinya
berdasarkan penulusuran berbagai sumber |
Rekognisi Tim
|
·
Guru
memberikan skor berdasarkan skor kemajuan dengan menghitung skor individual dan
tim · Guru memberikan penghargaan kepada pesta didik yang memenuhi kriteria penskoran. |
Komentar
Posting Komentar