RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN IKLIM KELAS VII SMP / MTs SEMESTER GENAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OLEH DIMAS ULINNUHA 1810710070
Nama Sekolah : SMP Suka-Suka
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
Pertemuan : Ke- 2
Tahun Ajaran : 2020/2021
|
||
Tujuan Pembelajaran |
KD 3.9 |
KD 4.9 |
IPK 3.9.1 |
IPK 4.9.1 |
|
|
Melalui model pembelajaran Kooperatif
Tipe Group Investigation siswa dapat: Menganalisisi Perubahan Iklim dan
Dampaknya Bagi ekosisitem dan terampil Membuat tulisan tentang gagasan
adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim dengan sikap kerja sama,
disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan jujur. |
|
Materi pembelajaran |
Pemanasan Global |
|
|
||
Langkah Pembelajaran |
||
Sintaks Kooperatif Tipe Grup Investigasion |
Kegiatan Pembelajaran |
|
KEGIATAN AWAL
(5 Menit) |
||
Pendahuluan |
Orientasi: ·
Guru membuka pelajaran dengan menginformasikan kepada peserta
didik lewat WA Group untuk masuk di aplikasi Zoom ·
Guru Mengucapkan Salam dan Do’a untuk memulai pembelajaran. ·
Guru mengecek kehaadiran peserta didik (dengan cara mengirimkan list daftar hadir yang harus diisi peserta
didik melalui google form) Apersepsi dan Motivasi: ·
Guru bercerita dan menunjukkan gambar tentang (Rumah Kaca) via aplikasi zoom ·
Guru bertanya kepada peserta didik: bagaimana efek rumah kaca
terjadi ? Apakah efek rumah kaca? Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI
(70 Menit) |
||
Memilih Topik |
Mengamati ·
Guru memberikan gambaran umum tentang perubahan iklim via zoom dalam
bentuk video yang telah dibuat oleh
guru ·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok setiap kelompk
beranggotakan 4-5 peserta didik Menanya ·
Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya tentang materi yang
telah dijelaskan dalam video. |
|
Perencanaan Kooperatif |
·
Guru memberikan materi power point yang dikirim ke WA Group, agar
peserta didik dapat menemukan pengetahuan / konsep tentang efek rumah kaca. ·
Peserta didik dan guru membuat kesepakatan terkait prosedur
kegaitan belajar mengajar yang akan dilakukan. |
|
Implementasi |
Mengeksplorasi atau mengumpulkan informasi ·
Setiap kelompok melakukan diskusi melalui WA masing-masing
(durasi yang diberikan yaitu 5-10 menit) ·
Peserta didik membuat jawaban dengan mengembangkan sikap kerja
sama dan kreatifdari pertanyaan yang sudah dibuat denngan melihat
materi yang telah diberikan. |
|
Analisis dan Sintesis |
Menalar Atau Mengasosiasi ·
Peserta didik mengumpulkan jawaban pertanyaan yang telah didiskusikan
dengan mengembangkan sikap tanggung jawab ·
Hasil diskusi dapat ditulis pada catatan HP/Laptop untuk siap dipresentasikan |
|
Penyajian Hasil Akhir |
Mengkomunikasikan ·
Setiap Kelompok disiplin untuk mempresentasikan jawaban
denga sikap jujur. |
|
Evaluasi |
·
Peserta didik bersama guru menyimpulkan kegiatan belajar dan
pesera didik memperbaiki hasil jawaban yang kurang sesuai |
|
KEGIATAN
AKHIR (5 MENIT) |
||
Penutup |
·
Guru dan peserta didik menutup dan pembelajaran dan memberikan
salam |
|
|
||
Asesmen |
·
Guru menilai hasil diskusi siswa dan keaktifan siswa dalam
pembelajaran ·
Guru menyampaikan Latihan Soal di google form |
|
Kudus, 20 Agustus 2020 |
Mengetahui Kepala SMP |
Guru Pengajar |
Drs. Jaluluddin, M.Pd. |
Dimas Ulinnuha, C.S.Pd. |
Komentar
Posting Komentar