ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN (Pengembangan Strategi Pembelajaran IPA)

Perkenalkan saya: Dimas Ulinnuha (1810710070). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang, Analisis Artikel Ilmiah Yaitu: 

"PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMP"

oleh: Wahyu Sukma Ginanjar, Setiya Utari, dan Muslim

Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154

Email: wahyu.sukma@student.upi.edu










Model pembelajaran yang dikembangkan untuk melatih kemampuan argumentasi ilmiah adalah model pembelajaran Argument-Driven Inquiry/ADI (sampson et al., 2010). Model ADI merupakan sebuah model pembelajaran berorientasi inkuiri yang menekankan pada kegiatan berargumentasi yang mampu melatih siswa berargumentasi.

 1. Sintaks model ADI meliputi empat tahap, yaitu:

  • Identifikasi Masalah

peserta didik diminta untuk meng-identifikasi masalah berdasarkan fenomena fisis yang disajikan guru. 
  • Mengumpulkan Data
peserta didik dilatih mengembangkan klaim awal dalam bentuk rumusan hipotesis sebagai jawaban sementara terhadap permasalahan untuk selanjutnya
berdiskusi mengenai prosedur pengumpulan data.
  • Pembuatan Argumen Tentatif
Peserta didik bekerja dalam collaborative group untuk merancang atau menerapkan
prosedur kerja sebagai langkah untuk menjawab permasalahan percobaan yang dijelaskan pada tahap awal. 
  • Sesi Argumentasi
peserta didik antar kelompok memperdebatkan argumentasi ilmiah dalam diskusi kelas yang dipandu oleh guru.

 2. Sistem Sosial
  • Guru menjelaskan topik permasalahan utama pada kegiatan laboratorium
  • Antusias peserta didik untuk mendapatkan data informasi yang dijelaskan oleh guru.
  • Diskusi kelompok
  • Kemampuan peserta didik untuk beragumen.
 3. Prinsip Reaksi

Guru menjelaskan topik permasalahan utama pada kegiatan laboratorium
  • Peserta didik menangkap permasalahan yang disajikan guru.
  • Bertanya pada guru tentang kegiatan yang akan dilakukan di laboratorium.
Antusias mendapatkan data informasi yang dijelaskan oleh guru.
  • Mengembangkan rumusan masalah yang disajikan.
  • Mengumpulkan argumen sementara.
Diskusi kelompok
  • Mengembangkan Argumen, dengan berdiskusi dengan peserta didik lainnya.
  • Menerapkan prosedur kerja yang efektif dan melakukan penyelidikan untuk memperoleh data
  • Mencari jawaban dengan sumber data ilmiah.
Kemampuan peserta didik untuk beragumen.
  • Peserta didik mengemukakan ide atau gagasan yang relevan.
  • Memperdebatkan argumen (yang didukung dengan data) pada kelompok diskusi.
  • Guru memberikan penjelasan pada peserta didik.
  • Mendengarkan Penjelasan guru, terkait ide atau gagasan yang telah dikemukakan.
 4. Sistem Pendukung

Pada model pembelajaran dengan model ADI ini sistem pendukungnya yaitu: Materi IPA cahaya, Buku Praktikum, Alat Praktikum, Laporan Praktikum. Pada Uji coba diskusi kelompok, yang dilakukan dengan sarana dan prasana yang telah disiapkan bertujuan untuk mengetahui peningkatan argumentasi baik secara lisan maupun tulisan pada SMP.

 5. Dampak Pembelajaran dan Pengiring
  • Dampak Pembelajaran: Peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengemukakan pendapat (argumentasi yang relevan/sesuai data yang ada), meningkatkan pikiran kritis dan mampu mengidentifikasi masalah dengan tepat.
  • Efek Iringan: Banyak nilai sikap yang lainnya selain diatas diantaranya: cermat, ketelitian, kritis, cerdas, dan lain sebagainya.

Terima kasih, semoga bermanfaat :)
Link Download jurnal yang di analisis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN IKLIM KELAS VII SMP / MTs SEMESTER GENAP